SOSIALISASI KORAN QUTHUB

SOSIALISASI KORAN QUTHUB
Kami menyampaikan rencana Penerbitan Koran QUTHUB yang diinisiasi oleh Kanjeng Romo KH ABDUL LATIF MADJID RA. Bahwa Kanjeng Romo menilai penting menerbitkan Koran QUTHUB. Meskipun saat ini sedang berada pada era media sosial di dunia maya, akan tetapi orang tidak akan meninggalkan media cetak seperti koran. Media cetak seperti koran akan tetap memiliki pangsa pasar tersendiri.
Kanjeng Romo telah lama merencanakan penerbitan sebuah koran dan telah mempelajari seluruh manajemen koran. Kini sudah saatnya Perjuangan Wahidiyah memiliki koran karena beberapa kesiapan:
1. Kesiapan Modal. Kanjeng Romo RA telah mempersiapkan modal dana untuk penerbitan Koran.
2. Kesiapan Manajemen. Kanjeng Romo RA telah mempelajari dan mempersiapkan manajemen Penerbitan Koran.
3. Kesiapan Pangsa Pasar. Wahidiyah memiliki potensi pasar dari pengamal yang jumlahnya cukup besar. Penerbit Koran lain yang tidak memiliki basis jamaah/pengamal saja dapat menjual koran, apalagi Wahidiyah punya jamaah, mestinya lebih punya prospek dan kemampuan untuk menjual koran.
Untuk melakukan sosialisasi dan perekrutan Agen Koran QUTHUB, Kanjeng Romo membentuk Tim Persiapan Koran QUTHUB yang dikoordinatori oleh Bapak Masyfu' (Pemred Aham) dengan anggota Bapak Al-Amin untuk wilayah DKI, Banten dan Jawa Barat, bapak Alfian dan Habibie untuk daerah Jawa Timur, Bapak Nuruddin Amin untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Tugas Utama Tim ini adalah untuk melakukan Sosialisasi dan Perekrutan Calon Agen di Tingkat Kabupaten/Kota dalam kurun waktu 3 bulan mulai dari akhir Mei sampai akhir Juli 2017.
Tim Persiapan Koran QUTHUB telah berkoordinasi dengan Pramu Urwil dan pihak Urwil memberikan support penuh agar seluruh PW Propinsi maupun Kabupaten/Kota mendukung rencana Penerbitan Koran QUTHUB, berpartisipasi aktif dalam proses perekrutan calon pelanggan/pembaca maupun calon Agen, calon Distributor maupun Perwakilan.
Oleh karena itu, Tim langsung bergerak melakukan sosialisasi dan rekrutmen Calon Agen di Tingkat Kabupaten/Kota dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.
Respon PW Propinsi dan Kabupaten/Kota sebagai berikut:
1. PW Propinsi dan Kabupaten/Kota secara umum menyatakan kesiapan untuk mendukung rencana penerbitan Koran QUTHUB dan siap mensupport, berpartisipasi aktif di dalam melakukan rekrutmen agen maupun pelanggan. Meskipun demikian, banyak PW Kabupaten/Kota yang memberikan informasi bahwa jumlah pengamal masih terbatas dan kemampuan ekonomi pengamal rata-rata masih di bawah kemampuan untuk berlangganan koran.
2. Pertanyaan-pertanyaan muncul seputar:
a. Apakah Koran QUTHUB diterbitkan untuk umum atau khusus kalangan sendiri, isinya bersifat umum atau pembinaan wahidiyah?
b. Apakah Koran akan terbit Harian atau Mingguan?
c. Berapa harga jual dan harga langganan per bulan?
d. Bagaimana koordinasi kerja yang akan dilakukan oleh agen di tingkat kabupaten/kota?

Terhadap respon dan pertanyaan tersebut, Tim menyampaikan bahwa:
1. Koran QUTHUB terbit untuk konsumsi umum, berisi berita berita umum akan tetapi memiliki ruh perjuangan wahidiyah.
2. Koran akan terbit mingguan pada awalnya, sambil mempersiapkan kemampuan untuk terbit Harian.
3. Harga jual standart seperti harga koran pada umumnya, akan tetapi akan diusahakan agar harga koran ini dapat tersubsidi dari advertising dan periklanan.
4. Koordinasi kerja dalam Manajemen Koran QUTHUB akan dilakukan dengan membentuk Kantor Pusat, Kantor Perwakilan (tempatnya sesuai dengan Percetakan Jawa Pos karena rencananya akan bekerjasama dengan Jawa Pos), di bawah Kantor Perwakilan ini ada Distributor, Agen dan Sub-Agen sampai kepada Loper Koran yang akan bersentuhan langsung kepada pelanggan.
Untuk itu, Tim menyarankan agar Calon Agen di Tingkat Kabupaten/Kota dipilih dengan kriteria dasar sbb:
a. Memiliki keterampilan manajerial yang cukup dan mampu mengatasi masalah.
b. Memiliki latar belakang bisnis/usaha.
c. Memiliki sifat amanah.
5. Selain menginventarisasi Calon Agen, diharapkan PW Kabupaten/Kota juga membantu menginventarisasi calon-calon wartawan, calon fotografer, calon illustrator maupun orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang jurnalisme yang ke depannya mau bergabung bersama manajemen Koran QUTHUB.

Demikian Laporan Sementara Tim Persiapan Koran QUTHUB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aurod Mujahadah bilangan 717

AURAD MUJAHADAH KEUANGAN

AUROD MUJAHADAH KEAMANAN DLL